News Ticker

Menu

Perintah Dasar Linux

Selamat pagi sobat TammamBlog. Di hari Senin yang cerah ini mari kita bersemangat buat meraih hari yang bermanfaat. Sama seperti TammamBlog nih, yang selalu ingin share hal-hal yang bermanfaat buat kalian semua. Nah kali ini mau share soal Linux lagi nih, kalo sebelumnya udah pernah Saya posting soal Instalasi Linux Ubuntu 11.10, sekarang mari kita bahas mengenai perintah-perintah dasar Linux. Udah siap? yuk silahkan di simak.

Command Penjelasan
ls melihat isi direktori
cd masuk sub direktori
date melihat tanggal
cal melihat kalender
cp copy file
mv move file
rm remove file
cat melihat isi file
mkdir membuat direktori atau folder
rmdir menghapus direktori atau folder
touch membuat file kosong
mount mounting device
umount unmount
lspci melihat device terpasang slot PCI
ifconfig melihat konfigurasi IP
ifconfig eth0 192.168.10.2/24 up memasang IP temporary
nano /etc/network/interface lokasi konfigurasi IP permanen
/etc/init.d/networking restart menjalankan service network

Nah, itu tadi beberapa command dari Linux, sebenernya sih masih banyak sekali commandnya. Tapi yg ada diatas tuh yg dasar. Oya, untuk command diatas itu biasanya Saya pakek di keluarga Debian. Meski begitu tetap bisa diguanakn di distro lain, tapi ada juga beberapa command yg berbeda

Share This:

Post Tags:

Gusti Tammam

Blogger paling malas !
Terimakasih sudah berkunjung di blog Saya, sebelumnya maaf jika blog ini terkesan berantakan. Seperti yang Saya bilang, Saya blogger yang malas. Namun Saya masih punya harapan, semoga tulisan-tulisan Saya ini bisa bermanfaat untuk Anda para pengunjung.

No Comment to " Perintah Dasar Linux "

Sampaikan pendapat atau pertanyaan Anda di kotak komentar berikut

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM