News Ticker

Menu

Cara Burning File *ISO ke CD atau DVD


Selamat pagi sobat TammamBlog, gimana kabarnya pagi ini ? Masih semangat kan ? Harus semangat donk :). Oke, sebelumnya TammamBlog pernah kasih tutorial bagaimana cara mem-burning file atau data ke dalam CD atau DVD. Kali ini, ada lagi nih tutorial soal burning-memburning, oke lanjut. Gimana sih cara instal file yang udah berformat *ISO ke dalam CD atau DVD. Caranya gampang, kita pakai software yang namanya Nero, atau langsung dari Windwos Explorer juga bisa sih (untuk versi Vista, 7, 8). Nah, disini nanti akan dibahas keduanya. Yang pertama, bagaimana memburning melalui Windwos Explorer maupun dari Nero langsung.

Untuk melakukan burning pastikan Kamu udah nyiapin tuh yang namanya blank disc, dan juga file ISO yang akan di burn tentunya.

Oke, langsung ke bahasan tentang burning melalui Windows Explorer (disini Saya menggunakan Windows 8 Enterprise). Pertama siapin dulu file ISO apa yang akan di burn. Jika sudah coba klik pada file ISO tersebut.


Terus klik MANAGE. Nah, disitu ada tuh dua opsi, yang pertama Mount, yang kedua Burn. Nah, klik aja pada BURN dan ikuti aja intruksinya, Saya yakin pasti Kamu bisa dan mengerti kelanjutannya setelah mempraktekkannya.

Untuk cara yang kedua, yaitu burning melalui Nero (disini saya menggunakan Nero 8). Okey, buka Nero Kamu, jika kamu menggunakan Neri versi 8 keatas kamu bisa langsung bisa ikuti cara ini, tetapi jika menggunakan versi 7 kebawah saya yakin pasti bisa menyesuaikan. Untuk langkah pertama yaitu klik pada Menu, kemudian klik pada Nero Express.


Kemudian klik pada Image, Project, Copy. Kemudian klik lagi pada Disc Image or Save Project.

Nah sekarang coba cari dimana file ISO yang akan di burn. Jika sudah ketemu klik Open.

Eitzz tunggu dulu, pada tahap ini jangan langsung ditekan Burn, liat dibagian samping kiri dari jendela Nero, ada tanda panah kecil, klik disitu.

Nah muncul deh Burn Setting, pada Writing Speed disarankan untuk memilih kecepatan burning yang paling rendah. Jika sudah semua setting disesuaikan, klik Burn dan tunggu sampai proses selesai. Jika proses burn berhasil dan selesai maka CD/DVD-ROM akan keluar otomatis.

Sekian dulu posting kali ini, moga bermanfaat :)

Share This:

Post Tags:

Gusti Tammam

Blogger paling malas !
Terimakasih sudah berkunjung di blog Saya, sebelumnya maaf jika blog ini terkesan berantakan. Seperti yang Saya bilang, Saya blogger yang malas. Namun Saya masih punya harapan, semoga tulisan-tulisan Saya ini bisa bermanfaat untuk Anda para pengunjung.

No Comment to " Cara Burning File *ISO ke CD atau DVD "

Sampaikan pendapat atau pertanyaan Anda di kotak komentar berikut

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM