News Ticker

Menu

Cara Mengatasi Facebook Checkpoint

This post is no longer updated and may does not work anymore !

Apa itu Facebook Checkpoint ?

Facebook checkpoint adalah salah satu cara pihak facebook melindungi keamanan akun kita agar tidak mudah ditembus oleh siapa pun yang berusaha masuk dengan akun kita. Namun terkadang justru itu menyulitkan kita sendiri sebagai pemilik akun. Alhasil kita kebingungan dan memutuskan untuk membuat akun facebook baru. Tentu Anda tidak menginginkan hal itu terjadi kan ?

Faktor-faktor Penyebab Akun Facebook Kena Checkpoint

Salah seorang teman sempat bertanya karena akun facebooknya terkena checkpoint. Sebenernya apa sih yang menyebabkan akun kita bisa terkena checkpoint ?
Facebook checkpoint bisa muncul ketika facebook mendeteksi IP dan browser berbeda dari IP dan browser yang biasa digunakan untuk mengakses facebook. Jika itu terjadi maka Anda akan diminta untuk menyelesaikan beberapa pertanyaan keamanan agar facebook Anda bisa diakses kembali.

Untuk apa pertanyaan keamanan facebook muncul ?

Biasanya pertanyaan keamanan muncul ketika
  • Anda mencoba mengakses akun facebook dari browser yang berbeda
  • Anda mencoba mengakses akun facebook dari lokasi yang berbeda
  • Anda mencoba mengakses akun facebook dari komputer yang berbeda
  • Anda mencoba mengakses akun facebook menggunakan multipleakun

Apa saja tipe pertanyaan keamanan facebook ?

Ada beberapa type keamanan facebook yang biasa muncul, sebagao contoh adalah seperti di bawah ini.
  • Upload foto identitas (Seperti KTP, berfungsi agar facebook dapat mengidentifikasi akun Anda)
  • Mengidentifikasi 5 foto yang menandai Anda
  • Mengidentifikasi 5 foto teman Anda (Hal ini bisa saja mudah, tapi juga sangat sulit jika kebanyakan teman di facebook tidak kita kenal)
  • Menggunakan nomor HP
  • Menjawab pertanyaan keamanan
  • dan masih banyak lagi

Cara Mengatasi Facebook Checkpoint

Nah, lalu bagaimana cara mengatasi akun yang sudah terlanjur terkunci checkpoint ? Jika Anda pernah memasukkan nomor HP di akun facebook Anda. Itu akan jauh lebih mudah karena Anda cukup verifikasi menggunakan nomor HP. Jika tidak biasanya facebook akan meminta Anda untuk mengidentifikasi 5 foto teman facebook Anda. Seperti yang sudag saya katakan tadi, itu akan mudah jika akun tersebut benar-benar milik Anda. Tapi yang jadi masalah, biasanya tidak semua teman di akun facebook kita kenal.Lalu bagaimana donk ? Tenang, jangan panik dulu. Masih ada jalan untuk akun Anda selamat.
Pertama Anda harus menyiapkan beberap hal yang diperlukan, apa saja itu ?
  • Seperangkat komputer dengan akses internet
  • Usahakan di komputer tersebut terdapat dua browser atau lebih (misal Google chrome dan Mozilla Firfox, dan lain-lain)
  • Akun facebook Anda
  • Akun facebook lainnya (Mungkin Anda bisa meminta tolong teman Anda untuk meminjamkan akun facebooknya)
  • Sedikit ketangkasan, kecepatan dan kesabaran
Jika Ada sudah menyiapkan itu semua, berikut langkah-langkahnya :
  • Biasanya ketika pertama login, akun yang terkunci akan menemui tampilan sebagai berikut
    Akun facebook terkunci
    Pada tahap tersebut silahkan klik next atau lanjut
  • Kemudian Anda diminta untuk memasukkan captcha, silahkan isi sesuai teks yang tampil di layar Anda.
    Anda diminta untuk memasukkan captcha
  • Nah, jika Anda memasukkan captcha dengan benar maka seharusnya saat ini Anda berada pada tahap konfirmasi foto teman. (Tahap ini tidak akan muncul jika Anda pernah memasukkan nomor HP ke akun facebook Anda, facebook akan meminta konfirmasi melalui nomor HP)
    Anda diminta untuk mengidentifikasi foto teman
    Silahkan klik start atau mulai.
  • Nah, ini dia. Anda akan menemui beberapa foto yang ditandai dan sederet nama. Nah disitu Anda di minta untuk menentukan siapa yang di tandai pada foto tersebut.
    Tahap identifikasi foto teman
    Inilah saatnya kita menggunakan browser selain yang kita gunakan. Buka browser lainnya, dan bukalah situs facebook. Login dengan akun facebook lainnya atau akun facebook teman Anda yang Anda pinjam.
    Setelah berhasil login, kembali ke akun facebook Anda. Perhatika foto tersebut dengan cermat (kalau bisa ingat fotonya). Sekarang perhatikan pada sederet nama dibawahnya.
    Nama teman Anda
  • Kita akan mencari siapa pemilik foto tersebut secara manual. Caranya sederhana, dengan akun facebook lainnya tadi kita cari nama yang tertera diatas. Misal pertama kita cari akun milik Ayouti Remix. Kemudian buka album fotonya, carilah di album foto tersebut foto yang diminta. Jika foto yang tertera di pertanyaan keamanan Anda terdapat juga di album milik Ayouti Remix, maka tandai nama Ayouti Remix pada pertanyaan keamanan Anda kemudian klik Next atau lanjutkan !
  • Jika Anda tidak menemui foto di album milik Ayouti Remix, maka carilah di nama akun lainnya yang tersedia di pertanyaan keamanan Anda. Cari terus hingga ketemu. Jika tetap tidak ketemu Anda dapat melewatinya dengan klik skip. Namun Anda hanya bisa melakukan skip dua kali
  • Itu tadi baru foto pertama, karena Anda diminta untuk identifikasi 5 foto. Jadi lakukan car yang sama pada foto kedua, ketiga dan seterusnya

Kesimpulan

Nah, kurang lebih seperti itulah caranya. Bisa dibilang mudah juga bisa dibilang sulit. Dibilang mudah karena ini cukup sederhana, namun sangat sulit karena Anda tidak bisa berlama-lama ketika mencari foto tersebut. Karena pertanyaan keamanan membatasi waktu Anda untuk menjawab. Jika melewati waktu yang ditentukan Anda diminta mengulangi lagi dari awal. Nah disini lah mengapa kita memerlukan sedikit ketangkasan, kesabaran dan kecepatan
Saya harap cara diatas bisa digunakan dengan bijak dan tidak untuk disalahgunakan. Jika Ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar. Semoga bermanfaat !








Share This:

Gusti Tammam

Blogger paling malas !
Terimakasih sudah berkunjung di blog Saya, sebelumnya maaf jika blog ini terkesan berantakan. Seperti yang Saya bilang, Saya blogger yang malas. Namun Saya masih punya harapan, semoga tulisan-tulisan Saya ini bisa bermanfaat untuk Anda para pengunjung.

44 comments to '' Cara Mengatasi Facebook Checkpoint "

ADD COMMENT
  1. Visit back !

    Twitter : @marusam_48
    Blog : www.marusam-pc.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. permisi gan. saya mau nanya.akun facebook saya meminta kode verifikasi melalui nomor telpon. emang sih sangat mudah. tapi jika nomor saya yang tercantum di akun facebook saya itu sudah keblokir atau sudah tidak aktif lagi. nah gimana solusinya gan?? .. please bantu ane...... tolong di jawab secepatnya ya gan . https://lh4.googleusercontent.com/-fLQItLXV5e0/Uk7Jn3xmyEI/AAAAAAAADfM/NLpMQv5Xhlo/s800/mewekhttps://lh6.googleusercontent.com/-98DY22Cuotg/Uk7JnuRRStI/AAAAAAAADfE/fyXtsDEdzW8/s800/matabelo1.gif.gif

    ReplyDelete
  3. Saya sudah mengirimkan nomer telefon untuk di kirim kode verifikasi tapi tetap saja saat saya memasukkan kode verifikasi facebook kok tulisannya jika saya terlalu banyak memasukkan kode verifikasi. padahal yang saya masukkan sesuai dengan isi sms yang saya terima. dan ketika saya coba ganti nomer telefon.. kejadian itu tetap berulang.. tolong dibantu

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan hub saya via email yg udah disematkan diatas,, barangkali bisa saya bantu. thanks

      Delete
    2. Bang kok akun FB saya di kunci kenapa ya itu? Padahal saya buat main game doang.

      Delete
  4. gan fb acar saya kena cek point,,dan waktu ujian samain fotto ada yang salah,,dan sekarang harus menunggu,,itu kira2 berapa jam/hari gan untuk bisa memulai lagi,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga sampe sehari kok gan, mungki sekitar 2-3 jam atau mungkin 1 jam aja udah bisa lagi

      Delete
    2. Bang fbku kena chaleck point bisa bantu gak

      Delete
  5. saya ga ngerti cara buat nya... boleh saya minta bantu?

    ReplyDelete
  6. Gan Punya ane Udh seminggu Kena check point gk bisa 2
    udh Jawab Pertanyaanya malah eror aneh Minta saranya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. error gmn ? ngeblank gitu kah chekpointnya ?

      Delete
  7. Gan saya punya akun,,, tus harus upload identitas,, sudah saya upload tetapi masih tetap gha bisa kebuka..
    gie mana caranya gan...??

    ReplyDelete
  8. hari itu facebook saya yang lama itu kena masalah '' CheckPoint '' akibat mengganti nama facebook saya sendiri, bagaimana caranya yaa, apa berbeda sama masalah facebook '' CheckPoint '' yang lainya

    ReplyDelete
  9. mas, punya saya gak ada tulisan continue pda saat login, yg ada hnya tulisan keluar.. itu bagaimana mas??

    ReplyDelete
  10. mas, punya saya gak ada tulisan continue pda saat login, yg ada hnya tulisan keluar.. itu bagaimana mas??

    ReplyDelete
  11. mas, punya saya gak ada tulisan continue pda saat login, yg ada hnya tulisan keluar.. itu bagaimana mas??

    ReplyDelete
  12. mas, punya saya gak ada tulisan continue pda saat login, yg ada hnya tulisan keluar.. itu bagaimana mas??

    ReplyDelete
  13. mas, punya saya gak ada tulisan continue pda saat login, yg ada hnya tulisan keluar.. itu bagaimana mas??

    ReplyDelete
  14. mas, punya saya gak ada tulisan continue pda saat login, yg ada hnya tulisan keluar.. itu bagaimana mas??

    ReplyDelete
  15. Ini masalah saya mas...

    Masukkan Nama Lengkap Anda
    Saat memperbarui nama, jangan gunakan salah satu dari berikut ini:

    Simbol, angka, penggunaan huruf besar yang tidak sewajarnya, pengulangan karakter, atau tanda baca.
    Karakter dari beragam bahasa.
    Gelar (mis: profesional, keagamaan). Anda dapat menambahkan di nama lain Anda.
    Kata, frasa, atau julukan di antara nama depan dan nama belakang.

    setelah saya tekan tombol PERBARUI NAMA hasilnya seperti di bawah ini...
    Maaf, ada masalah

    Kami sedang berupaya memperbaiki ini secepatnya.

    Kembali
    Facebook © 2015 · Bantuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. This post is no longer updated and may does not work anymore !

      Delete
  16. Gan minta tolong di bantu facebook saya terkunci, dan saya coba beberapa kali, menganti pasw tapi tetep gak bisa, check point, saya sudah coba trik di atas tapi tetep aja gak bisa,, masalah y pertama saya mau ganti nama facebook saya cari di youtube ini link y gan https://www.youtube.com/watch?v=6-t4XlWhChs dia pake proxy spain dan itu udh banyak makan korban fb terkunci lihat aja komentar youtube y, minta tolong gan untuk kembalikan fb saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This post is no longer updated and may does not work anymore !

      Delete
  17. gan , fb ku kena ckeckpoint dan gak bisa di proses, padahal fbnya buat kerja, help me gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. This post is no longer updated and may does not work anymore !

      Delete
  18. Maaf ya bang, izin komen :)

    Untuk yang facebook nya kena verifikasi foto, atau tidak bisa di buka bisa kontak ane...

    Email : infowarta@gmail.com
    No Hp/WA : 0896 500 697 51

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bantu saya kak ???
      Akun fb saya di suruh upload identitas
      Saya sudah ngirim email dan chat via wa juga

      Mohon bantuannya

      Delete
  19. kak tolong bantuin dong kak. aq gak bisa. bisa gak kaka bantuin fb yg terkunci ini?

    ReplyDelete
  20. kaka aq bisa kirimin pass fbnya sama emailnya. kaka bisa bantuin gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Duta.
      Ini adalah pos lama, dan mungkin cara diatas sudah tidak bekerja lagi. Jadi saya minta maaf sudah tidak bisa membantu lagi mengenai ini.

      Delete
  21. pada saat masuk saya tidak bisa mengklik satu2nya pilihan yaitu identifikasi foto teman karena batas jam terlampau..
    tapi besok saya masuk lagi. eh masih menuliskan batas jam terlampaui.. itu cara atasi gimana yh???

    ReplyDelete
  22. Tolong aktifkan akun facebook saya

    ReplyDelete
  23. Bisa bantuin balikin akun fb saya kak
    Saya tidak tau cara mengaplikasikan cara di atas
    Mohon bantuannya karna saya ga mau kehilangan akun fb saya

    ReplyDelete
  24. Gan sy minta bantuan ini.fb saya kenak cek point skrg ad laporan (anda tidak bisa masuk sekarang) lalu suruh keluar td sy sdh saya kasih foto profil

    Mohon di.jawab via whatsapp
    085331711301

    ReplyDelete
  25. please bantu saya bang,,

    fb saya sudah 2 minggu ini seperti ini "checkpoint"
    sdah berbagai cara saya lakukan,, dengan mendownload aplikasi vpn.. tetapi tetap tidak bisa di akses akun fb saya,,

    saya sangat penting sekali akun fb ini,, untuk promosikan property..

    mohon bantuaaan nyaa bang,, pleasee

    ini wa saya 087790003555

    ReplyDelete
  26. Facebook gue minta code konfirmasi tapi tidak ada sama sekali code masuk kenomor saya udah ratusan kali saya coba. Bisa dibantu gan? Dan sulit nya facebook gue tidak lagi di nonaktif atau blokir, notif facebook masih masuk di email.

    ReplyDelete
  27. apakah akun facebook kena checkpoint bisa tebuka sendiri jika melewati 1bulan soalnya di akun facebook saya ada akun gamenya soalnya saya sudah kirim poto ktp saya sampai sekarang belum ada notfikasi dari facebook mohon bantuanya wa:081649495094

    ReplyDelete
  28. Akun saya terkunci cekpoint tolong bantu saya untuk masuk ke akun saya

    ReplyDelete
  29. Kenapa ya FB istri saya terkunci cekpoint..?
    Padahal itu Fb awalnya baik2 saya, pas istri saya mau menjual dagangannya (jasuke), langsung ke ban gtu bang, langsung ilang fb nya..

    ReplyDelete
  30. please recover my Facebook account. because I can't log into my Facebook account the cause is my account has a permanent check point and I can't confirm the identity of my photo ID, I hope to ask for help. please restore my Facebook ACCOUNT ASAP

    ReplyDelete
  31. please recover my Facebook account. because I can't log into my Facebook account the cause is my account has a permanent check point and I can't confirm the identity of my photo ID, I hope to ask for help. please restore my Facebook ACCOUNT ASAP

    ReplyDelete

Sampaikan pendapat atau pertanyaan Anda di kotak komentar berikut

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM